Jumat, 03 Mei 2013

Pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder dalam kehidupan, baik individu atau bermasyarakat

Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan makhluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar berusaha. Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yakni memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Selama hidup manusia membutuhkan bemacam-macam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan dan kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi pula kebutuhan yang harus dipenuhi.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus terpenuhi, apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka manusia akan mengalami kesulitan dalam hidupnya. Kebutuhan primer disebut juga dengan kebutuhan alamiah, karena kebutuhan ini berkaitan erat dengan kodrat sebagai manusia. Kebutuhan ini disebut juga dengan kebutuhan pokok. Contohnya adalah sandang, pangan, papan dan pekerjaan.

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang pemenuhannya setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contohnya adalah pendidikan, pariwisata, rekreasi. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan individu atau masyarakat :
1. Peradaban
Peradaban adalah salah satu faktor yang membuat kebutuhan tiap zaman berbeda. Kebutuhan manusia pada zaman dahulu hanya tertuju pada kebutuhan primer.
2. Lingkungan
Lingkungan termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. 
3. Adat Istiadat
Adat Istiadat juga mempengaruhi perbedaan kebutuhan setiap individu/kelompok.
4. Agama
Agama termasuk salah satu faktor yang membuat kebutuhan setiap individu berbeda







Nama : Nadya Navyanti Putri
Kelas : 1PA12
NPM : 15512217

Tidak ada komentar:

Posting Komentar