Jumat, 05 April 2013

Bioteknologi. Hewan atau Tumbuhan hasil Perkawinan Silang

Bioteknologi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhuk hidup maupun produk dari makhluk lain dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perkembangan bioteknologi tidak hanya disadari pada biologi saja tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain. Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa. 

Contoh, di bidang teknologi pangan adalah pembuatan roti maupun keju yang sudah dikenal sejak abad ke-19. Di bidang medis, contohnya adalah antibiotik dan insulin walaupun masih dalam jumlah yang terbatas akibat proses fermentasi yang tidak sempurna. Pada masa sekarang bioteknologi sudah berkembang secara pesat dan maju. Kemajuan ini ditandai dengan adanya pengembangbiakkan sel induk dan kloning. Teknologi ini bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang belum dapat disembuhkan.

Hewan hasil perkawinan silang, adalah :
1. Zebroid
Zorse adalah hasil persilangan kuda dan zebra. Zonkey adalah hasil persilangan seekor keledai dengan zebra. The Zony adalah hasil persilangan kuda poni untuk zebra. Semua ketiga tersebut disebut zebroids atau bisa diartikan sebagai silang antara zebra dan setiap equid lainnya. Zebroids lebih disukai diatas zebra untuk penggunaan praktis seperti naik karena bentuk tubuhnya. Namun, lebih cenderung menjadi tempramental dan dapat membuktikan menjadi sulit untuk menangani. 

Tumbuhan hasil perkawinan silang, adalah :
1. Pepaya semangka
Hasil perkawinan silang antara beberapa jenis Carica papaya yang dibudidayakan sekarang ini hasil perkawinan silang antara beberapa jenis Carica dari Meksiko dan Amerika Tengah. Bukti bahwa ia hasil perkawinan silang adalah dari berabad-abad yang lalu, yaitu, bentuk bungan, buah dan rasanya yang beragam.








Nama : Nadya Navyanti Putri
Kelas : 1PA12
NPM : 15512217

Tidak ada komentar:

Posting Komentar